Main Article Content

Abstract

Lengan angkat (holder) dan ban berjalan (conveyor belt) merupakan alat bantu yang biasa digunakan pada sistem pengangkutan barang khususnya untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Lebar lengan angkat masih didasarkan pada ukuran-ukuran tertentu (kecil, sedang dan besar) sehingga dalam prosesnya selalu menyesuaikan dengan ukuran lebar dari barang yang akan diangkat, agar daya cengkram kuat dan aman. Dalam arti kata satu lengan angkat hanya untuk satu ukuran lebar, begitu juga dengan laju turun naiknya belum dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
Dalam penelitian ini akan dirancang suatu sistem komputerisasi yang dapat mengontrol dan mengendalikan sistem pengangkutan barang sehingga penggunaan masing-masing alat bantu (lengan angkat dan ban berjalan) dapa dilakukan secara efisien dan tepat guna. Rancangan bangun sistem menggunakan metode berorientasi objek (Object Oriented), dimana dengan metode ini diharapkan pada proses pengembangan sistem selanjutnya dapat dilakukan dengan mudah.
Tahapan dalam pengoperasian sistem ini adalah dengan memasukan data ukuran lebar kotak (packing) yang akan diangkat, data laju turun naiknya lengan angkat, serta data laju hantaran dari ban berjalan, yang kesemuanya itu dilakukan secara interaktif, dapat melalui komputer lokal atau terintegrasi pada suatau jaringan dan ditampilkan secara visual pada sistem pengontrol (Personal Computer)
Kata Kunci: Holder, Conveyor Belt, Object Oriented, Packing

Article Details