Main Article Content

Abstract

Pada penelitian ini akan dikembangkan suatu sistem yang dapat me-monitoring keamanan suatu gedung dan dapat mengendalikan peralatan elektronik di dalam gedung tersebut yang terhubung dengan sistem. Short Message Service (SMS) digunakan sebagai antarmuka antara sistem dengan pengguna. Pengguna dapat mengetahui status keamanan ruangan yang dilaporkan oleh sistem melalui SMS. Pengguna pun dapat mengendalikan peralatan elektronik yang terhubung ke sistem dengan cara mengirim SMS yang berisi perintah ke sistem.
Perangkat lunak bantu pengontrol keamanan ruangan berbasis SMS, bisa dikonfigurasi melalui panel khusus atau melalui pengiriman pesan singkat (SMS) oleh pengguna tertentu. Pesan yang dikirim akan mengacu pada sintaks yang telah didefinisikan, dimana setiap sintaks akan memiliki semantik yang menggambarkan jenis layanan tertentu. Pada saat yang bersamaan akan mengirim infromasi ke pengguna berupa pesan singkat (SMS) melalui Handphone gateway
Penghubung antara komputer dan rangkaian elektronik yang menjadi pengendali menggunakan mikrokontroller pada parallel port. Perangkat lunak yang digunakan untuk sistem ini dikembangkan dengan Java 2 Platform Standard Edition (J2SE) 1.5.0 dan menggunakan MySQL sebagai sistem database.
Kata kunci: short message service, J2SE, MySQL, parallel port, sistem pengendali, sistem monitoring, keamanan ruangan

Article Details