Main Article Content
Abstract
Keberadaan Internet dalam dunia pendidikan memungkinkan proses belajar mengajar dilakukan kapan
saja dan dimana saja. Kondisi ini mampu memfasilitasi peningkatan intensitas kegiatan pendidikan. Proses
perkuliahan yang sebelumnya hanya dilakukan di dalam kelas, saat ini mengalami transisi. Prosentase
perkuliahan tatap muka dalam kelas dikombinasikan dengan pembelajaran online. Dalam pembelajaran online
yang didukung oleh teori constructivist, peserta didik difasilitasi untuk belajar secara kolaboratif, baik dengan
pangajar maupun sesama peserta didik. Sebagian besar sistem pembelajaran online yang lebih dikenal Learning
Management System (LMS) telah menyediakan fasilitas forum diskusi. Hanya saja, dalam realitasnya
keberadaan fasilitas ini ternyata tidak selamanya cukup mendorong para peserta didik untuk terlibat dalam
aktivitas diskusi. Tulisan ini akan membahas peranan diskusi dalam pembentukan knowledge dan bagaimana
faktor pemicu seperti penyediaan bahan ajar berbasis multimedia, pemberian penghargaan (rewards), serta
keterlibatan dosen dalam diskusi dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk aktif berdiskusi. Ruang
lingkup analisis ini dilakukan lingkungan pembelajaran Student Centered E-Learning Environment di Fakultas
Ilmu Komputer Universitas Indonesia.
Kata kunci: Faktor pemicu, diskusi, SCELE, multimedia, rewards.
saja dan dimana saja. Kondisi ini mampu memfasilitasi peningkatan intensitas kegiatan pendidikan. Proses
perkuliahan yang sebelumnya hanya dilakukan di dalam kelas, saat ini mengalami transisi. Prosentase
perkuliahan tatap muka dalam kelas dikombinasikan dengan pembelajaran online. Dalam pembelajaran online
yang didukung oleh teori constructivist, peserta didik difasilitasi untuk belajar secara kolaboratif, baik dengan
pangajar maupun sesama peserta didik. Sebagian besar sistem pembelajaran online yang lebih dikenal Learning
Management System (LMS) telah menyediakan fasilitas forum diskusi. Hanya saja, dalam realitasnya
keberadaan fasilitas ini ternyata tidak selamanya cukup mendorong para peserta didik untuk terlibat dalam
aktivitas diskusi. Tulisan ini akan membahas peranan diskusi dalam pembentukan knowledge dan bagaimana
faktor pemicu seperti penyediaan bahan ajar berbasis multimedia, pemberian penghargaan (rewards), serta
keterlibatan dosen dalam diskusi dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk aktif berdiskusi. Ruang
lingkup analisis ini dilakukan lingkungan pembelajaran Student Centered E-Learning Environment di Fakultas
Ilmu Komputer Universitas Indonesia.
Kata kunci: Faktor pemicu, diskusi, SCELE, multimedia, rewards.