Main Article Content
Abstract
Meskipun konsep e-learning menawarkan banyak manfaat dan keunggulan, tetapi dalam penerapannya
bukan merupakan hal yang mudah. Berbagai kendala yang dihadapi tentu harus diatasi untuk mencapai
manfaat dan keunggulan tersebut. Survei yang dilakukan pada tiga Perguruan Tinggi terhadap 300 mahasiswa
menunjukkan hasil bahwa perilaku manusia (mahasiswa) yang mencakup komitmen, kedisiplinan, dan
kemandirian sudah cukup mendukung untuk penerapan e-learning. Tetapi secara khusus pihak pengelola perlu
mencermati aspek kemandirian karena beberapa indicator masih belum menunjukkan dukungan seperti yang
diharapkan.
Kata kunci: e-learning, kemandirian, komitmen, kedisiplinan
bukan merupakan hal yang mudah. Berbagai kendala yang dihadapi tentu harus diatasi untuk mencapai
manfaat dan keunggulan tersebut. Survei yang dilakukan pada tiga Perguruan Tinggi terhadap 300 mahasiswa
menunjukkan hasil bahwa perilaku manusia (mahasiswa) yang mencakup komitmen, kedisiplinan, dan
kemandirian sudah cukup mendukung untuk penerapan e-learning. Tetapi secara khusus pihak pengelola perlu
mencermati aspek kemandirian karena beberapa indicator masih belum menunjukkan dukungan seperti yang
diharapkan.
Kata kunci: e-learning, kemandirian, komitmen, kedisiplinan