Main Article Content
Abstract
Component Software, atau perangkat lunak berbasis komponen, adalah sebuah konsep dimana perangkat
lunak dapat dibangun dengan mengkomposisikan komponen-komponen yang sudah tersedia. Komponenkomponen
tersebut dapat dibangun oleh pihak ketiga, dimana pihak yang ingin menggunakan komponen
tersebut hanya perlu menghetahui spesifikasinya, tanpa perlu mengetahui seperti apa implementasinya. Dalam
hal ini, proses membangun sebuah perangkat lunak akan melibatkan pembuatan abstraksi dari perangkat lunak
terlebih dahulu, sebelum kemudian dibuat implementasinya. Tingkat kesulitan untuk mengubah sebuah abstraksi
menjadi implementasi yang konkrit masih perlu dipertanyakan. Paper ini akan mencoba memperkirakan tingkat
kesulitan tersebut dengan sebuah studi kasus, yaitu perbandingan sebuah abstraksi sistem electronic voting (EVoting)
dalam bahasa UNITY dengan sebuah implementasi dari sistem tersebut dalam JavaBeans.
Kata kunci: Component Software, JavaBeans, UNITY
lunak dapat dibangun dengan mengkomposisikan komponen-komponen yang sudah tersedia. Komponenkomponen
tersebut dapat dibangun oleh pihak ketiga, dimana pihak yang ingin menggunakan komponen
tersebut hanya perlu menghetahui spesifikasinya, tanpa perlu mengetahui seperti apa implementasinya. Dalam
hal ini, proses membangun sebuah perangkat lunak akan melibatkan pembuatan abstraksi dari perangkat lunak
terlebih dahulu, sebelum kemudian dibuat implementasinya. Tingkat kesulitan untuk mengubah sebuah abstraksi
menjadi implementasi yang konkrit masih perlu dipertanyakan. Paper ini akan mencoba memperkirakan tingkat
kesulitan tersebut dengan sebuah studi kasus, yaitu perbandingan sebuah abstraksi sistem electronic voting (EVoting)
dalam bahasa UNITY dengan sebuah implementasi dari sistem tersebut dalam JavaBeans.
Kata kunci: Component Software, JavaBeans, UNITY