Main Article Content

Abstract

Penerapan teknologi yang distandarisasi secara terbuka dengan menerapkan Information and
Communication Technology (ICT) mendatangkan peluang bagi organisasi untuk mengembangkan inovasiinovasi
baru dalam menjalankan usaha bisnis secara lebih fleksibel dalam skala global. Organisasi lebih
dinamis dapat saling berinteraksi dalam menyelesaikan masalah spesifik dengan solusi yang menerapkan
teknology-driven.
Penerapan ICT dalam bidang pendidikan berpeluang bagi peningkatan pencapaian kualitas pendidikan
melalui perbaikan proses yaitu proses evaluasi pengajaran. Pencapaian kualitas pendidikan tidak terlepas dari
proses pelaksanaan evaluasi yang diterapkan suatu perguruan tinggi atau program studi. Permasalahan proses
evaluasi biasa terjadi karena adanya beberapa perubahan yang membutuhkan penanganan khusus. Perubahan
meliputi mekanisme, proses dan aturan-aturan pelaksanaan. Perubahan akan sangat menyulitkan apabila belum
adanya dokumentasi formal proses (business process) yang merepresentasikan input, proses (termasuk
interaksi), output, dan pelaku.
Penelitian akan mengkaji pendekatan business process sebagai prospek untuk mengembangkan
framework dari proses evaluasi dengan menerapkan pendekatan konsep kolaborasi. Penelitian akan membuat
pemetaan pendekatan model Collaborative Business Process Management sebagai usulan pendekatan yang
dapat digunakan untuk mengembangkan framework kolaborasi evaluasi.
Kata kunci: Information and Communication Technology, Teknology-Driven, Business Process, Framework,
Kolaborasi Evaluasi

Article Details