Main Article Content
Abstract
Salah satu cara perusahaan dalam mendekatkan diri dengan konsumen adalah mengadakan survei untuk
mengetahui harapan konsumen akan suatu produk dan mengetahui sikap konsumen setelah menggunakannya.
Survei akan lebih sempurna bila pada setiap responden ditanyakan juga tentang produk sejenis dari perusahaan
atau merk yang berlainan sebagai data pembanding.
Model angka ideal merupakan salah satu cara untuk mengetahui sikap konsumen yaitu dengan
membandingkan harapan saat membeli produk dengan kenyataan setelah menggunakan produk tersebut. Model
angka ideal dilakukan dengan menentukan atribut yang akan diteliti, membuat pertanyaan untuk mengukur
tingkat kepentingan, yang diharapkan konsumen (disebut ideal) dan mengukur tingkat keyakinan (belief).
Oleh karena itu dengan dibuatnya aplikasi untuk mengetahui sikap perilaku konsumen pada karakteristik
produk dengan model angka ideal ini maka dapat membantu perusahaan untuk mendekatkan diri dengan
konsumen sehingga perusahaan bisa meningkatkan kualitas produk yang dapat memenuhi harapan konsumen.
Kata kunci: ldeal Point Model, Ideal, Belief , Consumer Behaviour.
mengetahui harapan konsumen akan suatu produk dan mengetahui sikap konsumen setelah menggunakannya.
Survei akan lebih sempurna bila pada setiap responden ditanyakan juga tentang produk sejenis dari perusahaan
atau merk yang berlainan sebagai data pembanding.
Model angka ideal merupakan salah satu cara untuk mengetahui sikap konsumen yaitu dengan
membandingkan harapan saat membeli produk dengan kenyataan setelah menggunakan produk tersebut. Model
angka ideal dilakukan dengan menentukan atribut yang akan diteliti, membuat pertanyaan untuk mengukur
tingkat kepentingan, yang diharapkan konsumen (disebut ideal) dan mengukur tingkat keyakinan (belief).
Oleh karena itu dengan dibuatnya aplikasi untuk mengetahui sikap perilaku konsumen pada karakteristik
produk dengan model angka ideal ini maka dapat membantu perusahaan untuk mendekatkan diri dengan
konsumen sehingga perusahaan bisa meningkatkan kualitas produk yang dapat memenuhi harapan konsumen.
Kata kunci: ldeal Point Model, Ideal, Belief , Consumer Behaviour.