Main Article Content
Abstract
Pelajar perlu mengerti dan pendidik perlu mengetahui apakah mereka telah
mengajarkan pengetahuan mereka dengan baik, keduanya memerlukan umpan balik.
Computer Based Test (CBT) membantu untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan umpan
balik ini. Beberapa sertifikat profesional juga telah menggunakan CBT, dengan pertanyaan
pilihan ganda. Tetapi cara CBT seperti ini, di dalam lab. komputer yang tempat duduknya
sangat berdekatan, memberi peluang atau bahkan mengundang orang untuk menyontek.
Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan randomisasi untuk urutan
soal yang muncul dan randomisasi untuk letak pilihan jawaban ganda. Di dalam penelitian
ini, Linear Congruential Generator (LCG), suatu fitur randomisasi yang terdapat di dalam
Visual Basic (MS VB), digunakan untuk membuat aplikasi CBT yang dibutuhkan. Dua jenis
aplikasi VB yang dibuat, berbasiskan data MS Access atau MS SQL, telah berhasil diuji coba
di Lab. Komputer UPH oleh lebih dari 200 orang mahasiswa, dalam kelompok-kelompok
secara paralel (oleh 50 mahasiswa atau kurang untuk subyek seperti: Interaksi Manusia
Komputer, Komunikasi Data dan Ujian saring Asisten Lab. Komputer. Tiga tipe hak akses
disediakan: administrator, dosen dan mahasiswa. Seusai CBT, pengguna langsung dapat
melihat nilainya, di samping ini, dosen pengampu mata kuliah dapat melihat informasi yang
berguna, seperti: pertanyaan mana saja yang dijawab salah untuk setiap penggunapertanyaan
mana saja dijawab salah oleh semua pengguna dan sebaliknya, nilai rata-rata
kelas, waktu untuk menyelesaikan CBT, data login-logout, nama komputer, serta IP-nya.
Fitur umpan balik lain pada versi akses dosen adalah, kemampuan CBT untuk memberikan
pesan kepada setiap mahasiswa, saat CBT sedang berlangsung. Selain CBT meningkatkan
persentase pemakaian jaringan komputer, juga telah berhasil dibuktikan bahwa cara yang
dipakai untuk menghasilkan urutan soal dan letak pilihan jawaban secara acak tidak
mengganggu pemakai CBT.
Keywords: random, computer based test, education
mengajarkan pengetahuan mereka dengan baik, keduanya memerlukan umpan balik.
Computer Based Test (CBT) membantu untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan umpan
balik ini. Beberapa sertifikat profesional juga telah menggunakan CBT, dengan pertanyaan
pilihan ganda. Tetapi cara CBT seperti ini, di dalam lab. komputer yang tempat duduknya
sangat berdekatan, memberi peluang atau bahkan mengundang orang untuk menyontek.
Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan randomisasi untuk urutan
soal yang muncul dan randomisasi untuk letak pilihan jawaban ganda. Di dalam penelitian
ini, Linear Congruential Generator (LCG), suatu fitur randomisasi yang terdapat di dalam
Visual Basic (MS VB), digunakan untuk membuat aplikasi CBT yang dibutuhkan. Dua jenis
aplikasi VB yang dibuat, berbasiskan data MS Access atau MS SQL, telah berhasil diuji coba
di Lab. Komputer UPH oleh lebih dari 200 orang mahasiswa, dalam kelompok-kelompok
secara paralel (oleh 50 mahasiswa atau kurang untuk subyek seperti: Interaksi Manusia
Komputer, Komunikasi Data dan Ujian saring Asisten Lab. Komputer. Tiga tipe hak akses
disediakan: administrator, dosen dan mahasiswa. Seusai CBT, pengguna langsung dapat
melihat nilainya, di samping ini, dosen pengampu mata kuliah dapat melihat informasi yang
berguna, seperti: pertanyaan mana saja yang dijawab salah untuk setiap penggunapertanyaan
mana saja dijawab salah oleh semua pengguna dan sebaliknya, nilai rata-rata
kelas, waktu untuk menyelesaikan CBT, data login-logout, nama komputer, serta IP-nya.
Fitur umpan balik lain pada versi akses dosen adalah, kemampuan CBT untuk memberikan
pesan kepada setiap mahasiswa, saat CBT sedang berlangsung. Selain CBT meningkatkan
persentase pemakaian jaringan komputer, juga telah berhasil dibuktikan bahwa cara yang
dipakai untuk menghasilkan urutan soal dan letak pilihan jawaban secara acak tidak
mengganggu pemakai CBT.
Keywords: random, computer based test, education