Main Article Content
Abstract
Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi saat ini sungguh luar biasa,
hampir dapat dikatakan tidak batasan lagi, orang menyebut batasnya adalah langit (sky is the
limit). Memang ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah gaya hidup dan tatanan
kehidupan manusia di muka bumi ini baik terhadap cara kita belajar, bekerja,
bersilaturahmi, berbisnis dan bahkan berwisata ke seluruh pelosok muka bumi ini. Pada Era
Informasi seperti sekarang ini ICT, Information and Communication Technology mempunyai
peranan yang sangat penting dalam hal perubahan tersebut.
Dunia pariwisata Indonesia sejak krisis ekonomi di tahun 1998 mengalami citra
buruk di mata international, isue keamanan dan ketaknyamanan berwisata di Indonesia
menjadi lantang terdengar. Barulah pada tahun 2000 kondisi perekonomian perlahan
berubah, sehingga dunia pariwisata Indonesia ikut mengalami perubahan. Untuk itu
diperlukan adanya upaya yang dilakukan secara terus menerus untuk merubah citra buruk
dunia pariwisata Indonesia dengan melakukan repositioning dan rebranding dengan cara
memberikan informasi dan komunikasi pariwisata. Dengan adanya upaya tersebut persepsi
dunia tentang pariwisata Indonesia akan berubah dan para wisatawan mancanegara tidak
segan untuk berkunjung ke Indonesia.
Berbagai macam pilihan upaya mengubah citra pariwisata Indonesia dilakukan oleh
komunitas pariwiasata Indonesia, salah satunya melalui media internet sebagai media yang
mungkin dapat dilakukan dengan segera guna memulihkan citra tersebut. Pada tahun 1997
kami sekelompok anak muda mencoba untuk mendesain sebuah website yang berorientasi
kepada dunia pariwisata Indonesia berbasis data pariwisata Indonesia dan dibangun dengan
menggunakan aplikasi ORACLE 8i .
Kata kunci: ICT, pariwisata Indonesia, website, aplikasi ORACLE 8i.
hampir dapat dikatakan tidak batasan lagi, orang menyebut batasnya adalah langit (sky is the
limit). Memang ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah gaya hidup dan tatanan
kehidupan manusia di muka bumi ini baik terhadap cara kita belajar, bekerja,
bersilaturahmi, berbisnis dan bahkan berwisata ke seluruh pelosok muka bumi ini. Pada Era
Informasi seperti sekarang ini ICT, Information and Communication Technology mempunyai
peranan yang sangat penting dalam hal perubahan tersebut.
Dunia pariwisata Indonesia sejak krisis ekonomi di tahun 1998 mengalami citra
buruk di mata international, isue keamanan dan ketaknyamanan berwisata di Indonesia
menjadi lantang terdengar. Barulah pada tahun 2000 kondisi perekonomian perlahan
berubah, sehingga dunia pariwisata Indonesia ikut mengalami perubahan. Untuk itu
diperlukan adanya upaya yang dilakukan secara terus menerus untuk merubah citra buruk
dunia pariwisata Indonesia dengan melakukan repositioning dan rebranding dengan cara
memberikan informasi dan komunikasi pariwisata. Dengan adanya upaya tersebut persepsi
dunia tentang pariwisata Indonesia akan berubah dan para wisatawan mancanegara tidak
segan untuk berkunjung ke Indonesia.
Berbagai macam pilihan upaya mengubah citra pariwisata Indonesia dilakukan oleh
komunitas pariwiasata Indonesia, salah satunya melalui media internet sebagai media yang
mungkin dapat dilakukan dengan segera guna memulihkan citra tersebut. Pada tahun 1997
kami sekelompok anak muda mencoba untuk mendesain sebuah website yang berorientasi
kepada dunia pariwisata Indonesia berbasis data pariwisata Indonesia dan dibangun dengan
menggunakan aplikasi ORACLE 8i .
Kata kunci: ICT, pariwisata Indonesia, website, aplikasi ORACLE 8i.