Main Article Content

Abstract

E-Learning saat ini sedang marak digunakan sebagai salah satu fasilitas pembelajaran bagi anak didik. Hal
ini dikarenakan e-Learning dianggap lebih praktis, efektif, dan efisien digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar. Karena keberadaannya semakin dibutuhkan, maka perlu dilakukan pengembangan terhadap konten
atau isi dari e-Learning itu sendiri. Salah satu konten e-Learning yang belum banyak dikembangkan adalah
konten e-learning berbasis gim komputer. Dengan konten berbasis gim diharapkan bisa mempermudah dan
menambah antusiasme mahasiswa dalam mempelajari materi belajar.
    Gim Ekspresi Reguler yang dibangun berisikan materi Ekspresi Reguler yang merupakan bagian dari materi
pada Matakuliah Teori Bahasa Otomata. Gim dibangun menggunakan perangkat lunak Adobe Flash yang dapat
digunakan pada komputer baik secara offline maupun online. Metode yang digunakan untuk membangun
aplikasi ini berarah hirarki konsep, dimana dari metode ini aliran kerja sistem dari menu utama ke sub menu
yang lain ditunjukkan dengan jelas. Setelah perancangan selesai kemudian dilakukan implementasi dan uji coba
sistem. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini bisa digunakan oleh dosen sebagai alternatif pilihan
metode pembelajaan yang efektif dan efisien.
Kata Kunci: gim komputer, e-learning, ekspresi reguler, teori bahasa dan otomata

Article Details