Main Article Content

Abstract

         Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan merancang sebuah sistem e-commerce pada PD.
Garuda Jaya untuk membantu proses penjualan yang dapat melakukan pemesanan secara online dan
memberikan informasi yang up to date kepada pelanggan. Saat ini, pemilik PD. Garuda Jaya menggunakan
yellow pages untuk promosi dan juga didalam memesan barang, pelanggan langsung datang ke toko dan
melalui telepon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisa, dan metode perancangan. Metode
analisa dilakukan dengan studi pustaka, pengumpulan data (observasi), dan Market Opportunity analysis.
Sedangkan metode perancangan dilakukan dengan business model, customer interface, market communication
and branding, implementation, dan metrics.
         Hasil yang dicapai adalah bahwa PD. Garuda Jaya membutuhkan sistem penjualan yang berbasis web
atau e-commerce, sehingga mempermudah pemesanan oleh pelanggan. Dengan adanya sistem ini diharapkan
target pemasaran dapat berkembang. Kesimpulan yang dapat diambil adalah internet merupakan sebuah media
yang dapat membantu dan mendukung dalam pengembangan bisnis.
Kata Kunci : Analisis, Perancangan, dan e-commerce.

Article Details