Main Article Content

Abstract

Pasar swalayan merupakan pasar modern yang menjual segala kebutuhan sehari- hari seperti bahan makanan,
minuman dan barang kebutuhan lainnya secara ritel. Sejak tahun 2000, pertumbuhan pasar swalayan
meningkat sangat pesat. Sebagai contoh pertumbuhan pasar swalayan hypermarket sampai tahun 2004
mencapai 31,4 persen kemudian tahun 2010 mencapai 9%. Pertumbuhan jumlah pengunjung pasar swalayan
yang semakin meningkat tidak disertai dengan pertumbuhan teknologi informasi yang digunakan untuk
memudahkan pelanggan dan manajemen pasar swalayan tersebut. misalnya beberapa pasar swalayan masih
menggunakan tiket parkir konvensional, manajemen data pelanggan tidak tersimpan atau tidak terstruktur
sehingga menyulitkan analisa kebutuhan pelanggan, penyampaian informasi promosi atau layanan ke
pelanggan. Penggunaan RFID (radio frequency identification) dalam penelitian ini sebagai identitas elektronik
pelanggan untuk sistem parkir, informasi promosi, layanan, atau hadiah lewat e-mail, analisa kebutuhan
pelanggan bagi pasar swalayan tersebut. Penelitian ini menggunakan beberapa komponen elektronik yaitu: Tag
RFID, Reader RFID, IC (integrated circuit) Regulator tegangan, komputer, motor dc dan Mikrokontroller
ATMega8535.
Kata Kunci: tag, database, rfid, atmega8535, reader

Article Details