Main Article Content

Abstract

Meningkatnya kompetisi dalam perdagangan dunia mengakibatkan perusahaan selalu di bawah tekanan besar
untuk menentukan cara mengoptimalkan penjualan produk. Promosi produk yang sesuai dengan lokasi berperan
penting dalam upaya ini. Aplikasi yang dibangun bertujuan untuk menentukan lokasi promosi yang terbaik dari
beberapa alternatif posisi lokasi promosi, dengan memberikan posisi peringkat alternatif di beberapa lokasi
berdasarkan kriteria seleksi promosi yang telah ditetapkan. Untuk menentukan posisi lokasi terbaik berdasarkan
pertimbangan banyak kriteria, dimana kriteria tersebut dapat diukur secara kuantitatif dengan metode Fuzzy
Multi Criteria Decission Making (FMCDM) yang digunakan untuk menilai secara numerik dan bahasa,
sedangkan untuk pemilihan metode penentuan posisi lokasi digunakan nilai total integral, karena metode ini
mampu memprioritaskan alternatif yang optimal. Dengan menggunakan aplikasi FMCDM, maka dapat
memudahkan pihak produsen untuk menentukan lokasi promosi terbaik terhadap berbagai jenis produk yang
akan dipasarkan, sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Article Details