Main Article Content

Abstract

Pada tingkat prsaingan yang semakin ketat, perusahaan berusaha mempertahankan bahkan
memperluas pangsa pasarnya dengan berbagi cara. Salah satu cara yang paling banyak digunakan dalam
pasar persaingan yang fair adalah melalui belanja pemasaran. Pada pesaingan duopoli perilaku satu
perusahaan berpengaruh signifikan terhadap perilaku perusahaan pesaing, sehingga ketika perusahaan yang
satu berusaha memperluas pangsa pasar melalui belanja pemasaran, maka perusahaan pesaingpun akan
melakukan hal yang sama. Untuk itu pada penelitian ini ingin diformulasikan model matematik yang dapat
menggambarkan perilaku pesaingan duopoli yang mempertimbangkan faktor belanja pemasaran. Faktor
belanja pemasaran tersebut dalam model direpresentasikan dengan fungsi biaya yang berbentuk fungsi
kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya unit sangat berpengaruh terhadap output yang
dihasilkan perusahaan. Oleh karena itu usaha belanja pemasaran harus dengan penuh pertimbangan dan
kehati-hatian karena dapat berdampak pada biaya unit yang semakin besar.

Article Details