Main Article Content

Abstract

Semakin banyaknya ragam penggunaan media komunikasi untuk pendidikan, membuat media dalam bentuk
software juga makin banyak digemari dan digunakan untuk berbagai tujuan. Sekolah Dasar (SD) merupakan
salah satu tingkatan pendidikan yang mulai banyak menggunakan media tersebut untuk kegiatan pembelajaran,
terutama untuk mengenalkan komputer kepada anak-anak. Pada makalah ini akan dibahas mengenai hasil
evaluasi kemampupakaian (usability) pada software yang digunakan untuk Sekolah Dasar. Lima faktor
kemampupakaian yang dilihat meliputi: efektivitas, efisiensi, kepuasan, kemampuan dipelajari, dan kemampuan
disukai, kelima faktor tersebut digunakan untuk menguji software dengan menggunakan anak-anak SD kelas 1
dan 2. Dari hasil evaluasi didapatkan bahwa nilai kemampupakaian dari software masih di bawah 70%, selain
itu juga muncul masalah-masalah dalam penggunaan software tersebut. Hasil pengujian digunakan sebagai
dasar perancangan ulang tampilan software pendidikan untuk anak SD.

Article Details