Main Article Content
Abstract
Laboratorium Sistem Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak (SIRKEL) merupakan tempat pembelajaran
mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia untuk mempraktekkan teori yang diterima di
ruang kuliah. SIRKEL mengampu 2 mata praktikum yang kelola oleh kepala laboratorium dibantu oleh asisten
pengajar. Beberapa kegiatan yang terlaksana di laboratorium SIRKEL berjalan sesuai agenda kerja yang telah
ditetapkan pada awal semester. Asisten pengajar dituntut berperan aktif untuk mengasilkan karya implementatif
seputar teknologi informasi. Demi mewujudkan hal itu, asisten memiliki kemampuan untuk menuangkan ide dan
gagasan tertulis agar terdokumentasi dengan baik. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem untuk mengelola
kegiatan yang dilakukan asisten, merekam ide kreatif asisten seperti gagasan asisten serta penugasan kegiatan pada
asisten. SIMATORI mampu merekam ide dan gagasan personal setiap asisten secara digital untuk
diimplementasikan secara utuh kedalam sebuah karya tulis maupun prototype perangkat lunak. Selain itu,
SIMATORI juga memiliki manajemen kegiatan untuk memantau penugasan kegiatan yang telah diberikan kepada
asisten. Manajemen kegiatan menyediakan akses untuk kepala laboratorium, manager dan koordinator untuk
mengelola sumber daya laboratorium dengan memberikan penugasan kepada asisten.
mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia untuk mempraktekkan teori yang diterima di
ruang kuliah. SIRKEL mengampu 2 mata praktikum yang kelola oleh kepala laboratorium dibantu oleh asisten
pengajar. Beberapa kegiatan yang terlaksana di laboratorium SIRKEL berjalan sesuai agenda kerja yang telah
ditetapkan pada awal semester. Asisten pengajar dituntut berperan aktif untuk mengasilkan karya implementatif
seputar teknologi informasi. Demi mewujudkan hal itu, asisten memiliki kemampuan untuk menuangkan ide dan
gagasan tertulis agar terdokumentasi dengan baik. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem untuk mengelola
kegiatan yang dilakukan asisten, merekam ide kreatif asisten seperti gagasan asisten serta penugasan kegiatan pada
asisten. SIMATORI mampu merekam ide dan gagasan personal setiap asisten secara digital untuk
diimplementasikan secara utuh kedalam sebuah karya tulis maupun prototype perangkat lunak. Selain itu,
SIMATORI juga memiliki manajemen kegiatan untuk memantau penugasan kegiatan yang telah diberikan kepada
asisten. Manajemen kegiatan menyediakan akses untuk kepala laboratorium, manager dan koordinator untuk
mengelola sumber daya laboratorium dengan memberikan penugasan kepada asisten.