Main Article Content

Abstract

Pada saat ini tidak dapat dipungkiri lagi semakin banyaknya perusahaan otomotif yang bermunculan khususnya
dealer - dealer yang membuat persaingan di dunia otomotif bertambah ketat. Maka untuk bertahan dalam arena
persaingan tersebut, perusahaan – perusahaan harus memiliki strategi bisnis yang dijadikan sebagai suatu
keunggulan untuk dapat bertahan. Penerapan sistem informasi dan teknologi informasi dapat dijadikan strategi
bisnis untuk dapat bersaing dengan pesaing yang berada dibidang yang sama yakni otomotif. Banyak
perusahaan-perusahaan otomotif yang tidak memiliki perencanaan strategis dalam menggunakan SI/TI nya.
Pada penelitian ini membahas mengenai bagaimana bentuk rumusan perencanaan strategis SI/TI untuk
perusahaan otomotif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi perencanaan strategis SI/TI versi
Tozer sebagai dasar konsep model perencanaan strategis menggunakan aplikasi metode Tozer dilakukan
berdasarkan strategis bisnis. Analisis dan interpretasi data peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya
adalah critical success factor, value chain analysis, SWOT, dan mc farlan’s grid. Dimana metode ini akan
memperkuat penyusunan perencanaan strategis tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini berupa perencanaan
strategis SI/TI yang meliputi identifikasi rincian langkah-langkah penanganan permasalahan dan identifikasi
pengembangan SI/TI ke depan yang digambarkan dalam bentuk portofolio SI/TI yang selaras dengan strategi
bisnis PT.Berlian Maju Motor guna untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitif agar dapat bersaing.

Article Details