Main Article Content

Abstract

Telah dibuat perangkat lunak pencacah dan komunikasi USB pada Thyroid Uptake menggunakan mikrokontroler AT89S8253. Penyakit gondok merupakan pembengkakan atau benjolan besar pada leher sebelah depan. Thyroid Uptake merupakan suatu alat kedokteran untuk mendiagnosa penyakit gondok. Perangkat lunak ini dikembangan menggunakan bahasa pemrograman BASIC dengan compiler BASCOM.
Perangkat lunak ini dirancang untuk menampilkan data pencacahan pada LCD 16X2 dan mengirim data tersebut ke komputer melalui port USB. Pengujian pencacahan dilakukan dengan cara membandingkan hasil
pencacahan dengan frekuensi meter standar sedangkan pengujian komunikasi data dengan cara membandingkan data yang dikirim mikrokontroler dengan data yang diterima komputer. Dari hasil pengujian linieritas pencacahan diperoleh nilai linieritas pencacahan (R2)= 1 yang berarti stabilitas pencacahan cukup baik dan komunikasi data berjalan baik dengan tidak ada data yang error, sehingga perangkat lunak ini memenuhi syarat untuk digunakan pada Thyroid Uptake.

Article Details