Main Article Content
Abstract
Perancangan sistem informasi online penanganan keluhan konsumen pada pasar modern ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan terhadap konsumen dengan menggunakan teknologi informasi. Metode yang digunakan penulis adalah studi kepustakaan berdasarkan referensi dan berbagai diskusi serta berbagai media yang memuat informasi yang dibutuhkan, analisa kebutuhan, dan perancangan sistem informasi melalui desain grounded research, selanjutnya teknik analisa data pengembangan sistem. Pasar modern pada PT. X merupakan salah satu perusahaan dibidang retail yang menyewakan tempat berbisnis khususnya perdagangan. Sering kali penyewa mengalami masalah pada tempat yang disewakan sulit untuk mengajukan keluhan dikarenakan sistem pelayanan yang digunakan management office pasar modern masih konvesional meskipun sudah ada sistem terkomputerisasi. Berdasarkan permasalahan itu penulis sebagai peneliti memberikan solusi melalui perancangan sistem informasi online penanganan keluhan konsumen sehingga diharapkan konsumen mengalami kemudahan untuk mengajukan keluhannya dan melihat perkembangan penanganannya tanpa batasan waktu dan tempat. Tidak hanya itu, diharapkan sistem yang bersifat online ini mempermudah staf/ pekerja management office untuk bertindak menangani keluhan lebih cepat sehingga perusahaan pada akhirnya memperoleh loyalitas dari konsumen