MODEL PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE E-BANKING DI INDONESIA

Henny Medyawati, Farida ., Ega Hegarini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hasil-hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan pengukuran kualitas layanan website sehingga dapat disusun instrumen penelitian yaitu kuesioner webqual yang sesuai untuk mengukur kualitas layanan website E-Banking di Indonesia. Berdasarkan hasil-hasil penelitian terdahulu telah berhasil disusun kuesioner webqual untuk website E-Banking yang terdiri dari 6 variabel, yaitu empat variabel hasil adopsi dari penelitian yang langsung berkaitan dengan mutu layanan website, dan dua variabel baru yang diadopsi dari hasil penelitian lain yang berkaitan dengan perilaku penggunaan teknologi. Ke-enam variabel tersebut yaitu accessibility, interaction, adequacy of information, usefulness of content, gaya hidup (lifestyle), dan kepribadian (personality). Hasil kuesioner yang telah disusun selanjutnya perlu dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan variabel yang digunakan dapat menjadi model pengukuran yang sesuai.

Full Text:

PDF