Main Article Content

Abstract

Kepesatan pertumbuhan internet sangat mempengaruhi perkembangan komunitas virtual. Pertumbuhan komunitas virtual yang sangat cepat merupakan peluang bisnis bagi perusahaan untuk memperluas cara pemasarannya. Pemasaran yang dilakukan secara online melalui media internet sering disebut dengan konsep e-marketing.E-marketing akan sangat efisien dan efektif apabila dilakukan pada sebuah komunitas virtual yang sudah besar dan mapan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh komunitas virtual terhadap keputusan pembelian bagi membernya. Komunitas virtual yang diambil adalah Forum Jual Beli Kaskus (www.kaskus.us). Metode penelitian menggunakan tiga variabel bebas yaitu Perceived Benefit, a Senses of Belonging, Emotional Trust, dan satu variable terikat yaitu Intention to Adopt as Decision Aid. Hipotesanya diuji menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah komunitas virtual memiliki hubungan dan mempengaruhi keputusan pembelian bagi para membernya.

Article Details