Main Article Content
Abstract
PT. X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan pakaian kaos,celana,dan asesoris lainnya. Sistem penjualan perusahaan saat ini sering kali mengalami masalah-masalah yang akhirnya akan memperlambat proses penjualan. Masalah yang sedang dihadapi perusahaan saat ini adalah data penjualan perusahaan sering hilang, waktu pelayanan yang lama, belum adanya prosedur penjualan yang memadai, waktu pembuatan laporan yang cukup lama. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi tersebut maka perlu dilakukan analisis keputusan terhadap kebutuhan sistem informasi penjualan.Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pemilihan sistem informasi penjualan dengan pertimbangan yang lebih komprehensif dan obyektif sesuai dengan kebutuhan. Metode Cut off Point akan digunakan dalam hal memilih kriteria berdasarkan opini sejumlah responden/pengambil keputusan dengan memberikan indeks terhadap derajat kepentingan masing-masing kriteria dan dipergunakan sebagai komponen pembangun struktur hirarki Analytical Hierarchy Process (AHP).Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan pendekatan metode cut-off point dan Analytical Hierarchy Proces (AHP) menunjukan bahwa sistem informasi dapat dijalankan dengan memperhatikan faktor-faktor yang dipentingkan dan seluruh aktor yang terlibat dalam rancangan system informasi penjualan