Main Article Content

Abstract

Dinamika dunia bisnis yang semakin kompleks dan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI) menuntut perusahaan untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai senjata berkompetisi dalam strategi bisnis. Agar TI dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kepentingan strategi bisnis, maka hal utama yang harus diperhatikan adalah tata kelola dan praktek terbaiknya. Namun, standard tata kelola terbaik bukanlah jaminan bahwa implementasi tata kelola manajemen layanan TI berjalan efektif. Diperlukan suatu standard tata kelola terintegrasi yang mampu mengendalikan secara menyeluruh sekaligus memberikan panduan praktek terbaik mengelola layanan TI. Makalah ini menganlisis manajemen insiden dan masalah berdasarkan kombinasi kerangka kerja COBIT 4.1 dan ITIL V3. Hasil analisis selanjutnya menjadi dasar usulan strategi tata kelola manajemen layanan TI khususnya manajemen insiden dan masalah. Usulan tata kelola ini diharapkan mampu meningkatkan nilai (value) bisnis dari sisi manajemen operasional TI.

Article Details