Main Article Content

Abstract

Dalam proses penerapan Customer Relationship Management pada badan usaha rumah sakit diperlukan sebuah basis data yang dapat mengakomodasi kebutuhan akan informasi yang diperlukan dalam proses penyimpan dan analisis data yang dihasilkan dalam setiap pelayanan jasa rumah sakit. Penggunaan model basis data relasional sangat efektif untuk data yang pasti dan tidak ambigu. Namun demikian pada kenyataannya, aplikasi sistem informasi rumah sakit yang menerapkan frame work CRM seringkali mengandung informasi yang tidak tepat (imprecise) dan tidak pasti (uncertain) didalamnya. Tidak konsisten, tidak tepat, tidak jelas, tidak pasti, dan dwi makna merupakan ketidaksempurnaan informasi (imperfect information) dalam basis data dan sistem informasi. Model basis data relasional yang ada saat ini tidak dapat mengakomodasi informasi yang tidak sempurna sehingga diperlukan sebuah pengembangan dan penyempurnaan model basis data relasional yang dapat memenuhi kebutuhan itu. Pada penelitian ini questioner kepuasan dan loyalitas pasien rumah sakit merupakan proses yang sangat menarik dalam menggali dan menganalisa informasi apa yang dirasakan (percept value) pasien terhadap produk pelayanan rumah sakit. Query Fuzzy Database dapat mengukur satisfaction degree dari query databases secara lebih natural sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dari user.

Article Details