Main Article Content
Abstract
Sistem pelayanan pengaduan masyarakat pada divisi humas polri adalah sistem yang melayani pengaduan dan permohonan informasi masyarakat melalui website Divisi Humas Polri.Adapun kinerja sistem dalam pelayanan pengaduan dan permohonan informasi yang sedang berjalan di Divisi Humas Polri masih belum optimal karena pengolahannya masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu pelayanan di Divisi Humas Polri menjadi kurang efektif dan efisien, karena media pelayanan data memperlambat jalannya penyampaian respon terhadap pengaduan atau permohonan informasi yang disampaikan oleh masyarakat.Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat berbasis Web ini mempermudah masyarakat untuk menyampaikan pengaduan dan permohonan informasi, serta mempercepat pihak Divisi Humas Polri untuk merespon setiap pengaduan dan permohonan informasi tersebut. Dalam merancangan Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web ini dimodelkan dengan UML (Unified Modeling Languange) meliputi Use Cae Diagram, Acitivity Diagram dan Class Diagram. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan dan implementasi Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web, dimana di dalam website ini masyarakat dapat mengisi langsung form pengaduan, melihat apa yang menjadi atensi dari pimpinan polri, mengases berita serta foto terbaru yang berkaitan dengan polri. Selain itu juga masyarakat bisa meminta langsung informasi yang berkaitan dengan Polri seperti kasus-kasus yang telah ditangani oleh Polri dan melihat langsung jawaban dari informasi apa yang diminta. Masyarakat juga bisa melihat langsung pengumuman yang ada pada polri seperti pengumuman penerimaan anggota polri, pengumuman penerimaan PNS dan lain-lainnya. Di dalam website ini juga masyarakat bisa melihat peraturan perundang-undangan yang berlaku di Polri. Sistem pelayanan pengaduan masyarakat berbasis web dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dengan MySql sebagai database dengan pemodelan yang diterapkan adalah waterfall.