Main Article Content

Abstract

Perpustakaan STMIK Pringsewu merupakan perpustakaan yang mulai operasional sejak tahun 2002. Sampai dengan tahun ini telah banyak dilakukan upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan terutama penambahan buku-buku referensi penunjang mata kuliah. Walaupun telah dilakukan penambahan sarana prasarana dan buku-buku penunjang namun masih minim mahasiswa yang enggan memanfaatkan perpustakaan. Berdasarkan hal tersebut ditemukan adanya permasalahan di perpustakaan seperti fasilitas, pelayanan, adminitrasi, dan penerapan TI sehingga dapat menyebabkan kurangnya minat mahasiswa untuk mengunjungi dan mencari referensi buku sehingga kepuasan mahasiswa juga menurun. Perpustakaan STMIK Pringsewu memanfatkan teknologi informasi sebagai alat bantu pengeloalaan pelayanan dan pengembangan perpustakaan seperti program aplikasi perpustakaan berbasis Customer Relationship Management (CRM) dibuat untuk membantu pengelolaan, pelayanan serta pengembangan perpustakaan yang ada pada perpustakaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah Menganalisis kegiatan/manajemen perpustakaan dan hubungannya dengan kepuasan mahasiswa. Penelitian ini dibatasi hanya untuk mahasiswa dan upaya untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode survei dan quesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa terutama semester IV, V, VI, VII tahun 2012 pada sebanyak 200 mahasiswa. Sampel yang diambil sejumlah 20 orang. Hasil Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis Regresi Berganda dengan menggunakan Sofware SPSS for Windows versi 12.0. Hasil Penelitian yang dilakukan dengan uji T dan Uji F didapatkan menyatakan bahwa ρ value < α (p<0,05) sehingga hipotesa nol (H0) ditolak dan H1 diterima, ada pengaruh yang nyata antara variabel bebas (fasilitas, pelayanan, adminitrasi dan penerapan TI) terhadap variabel terikat (tingkat kepuasan) mahasiswa STMIK Pringsewu. Berdasarkan hasil analiasa tersebut telah disusun Switching Barrier(ringtangan pengalihan) dan Voice (Penanganan keluhan) untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa STMIK Pringsewu.

Article Details