Main Article Content
Abstract
Dalam sebuah game sangat penting untuk menjaga player untuk tidak bosan, salah satu cara untuk itu adalah membuat skenario yang sesuai dengan kemampuan player. Jika terlalu sulit maka player akan cenderung malas dan bila terlalu mudah player akan menjadi bosan dan kurang tertantang. Sehingga diperlukan Skenario yang dinamis dan bisa menyesuaikan dengan kemampuan player dan munculnya bisa secara acak. Software WinGen versi 3 (Han & Hambleton, 2010) akan digunakan untuk menjadi generator bilangan acak untuk kemunculan soal dengan memberikan variasi pada pemilihan skenario yang dibuat untuk mensimulasikan skenario secara dinamik (dalam kasus ini, yang dibuat pada skenario Game Kantin untuk pembelajaran matematika ). Particle Swarm Optimization (PSO) yang dimodifikasi digunakan untuk mengoptimasi klastering terhadap soal dengan memperhitungkan nilai terbaik dari semua data, untuk pengacakan soal yang diharapkan muncul. Pada skenario yang berbentuk soal Jika di uji dengan nilai parameter c1=3 dan c2=1,maka kecenderungan soal yang muncul adalah soal mudah, sedangkan jika nilai c1=5 dan c2=1, kecenderungan soal yang muncul adalah soal sedang dan untuk nilai c1=7 dan c2=1, kecenderungan soal yang muncul adalah soal sulit.