IMPLEMENTASI E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN PERSONAL LEARNING ENVIRONMENTS DAN ADDIE MODEL

Arif Setiawan, Zulfah Aprilianti Trimiarsih

Abstract

Perkembangan sistem e-learning pada lembaga pendidikan dan perusahaan telah banyak berkontribusi, terutama pada proses pembelajaran. Seiring pertumbuhan teknologi, khususnya internet, e-learning menjadi lebih baik dan memiliki dampak yang lebih pada pengguna. Sistem e-learning yang sedang berjalan atau sudah ada lebih identik dengan virtual classroom, yang memindahkan lingkungan pembelajaran ke dunia maya. Sehingga content learning hanya berasal dari pengajar, sedangkan pembelajar hanya dapat melakukan latihan soal dan mengambil materi pembelajaran yang disediakan. E-Learning semacam ini akan menciptakan pembelajaran yang berorientasi hanya pada hasil, bukan dari proses pembelajaran dan cenderung bersifat satu arah. Personal Learning Environments merupakan sebuah pendekatan pembelajaran e-learning yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi web 2.0, sehingga sering disebut juga sebagai konsep e-learning 2.0. Dengan dukungan penerapan ADDIE, yaitu salah satu pendekatan pengembangan konten yang sifatnya sistematik, linier dan dimungkinkan adanya iterasi ketika ada perubahan desain, maka sistem e-learning ini dapat menjadi optimal. Oleh karena itu dengan mengkombinasikan kedua pendekatan ini diharapkan dapat memberikan solusi, atau menambah khasanah dalam dunia e-learning agar tercipta lingkungan pembelajaran yang lebih terbuka dan bersifat kolaboratif serta mempunyai integrasi dengan layanan lain yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Seperti layanan web 2.0 yang sudah mulai banyak digunakan dan disukai, seperti blog, wiki, social network, social bookmarks, maupun social content yang lain. Sehingga pembelajar dapat menciptakan lingkungan pembelajaran sendiri yang bisa menambah minat untuk belajar, berkontribusi aktif dalam proses pembelajaran baik bagi dirinya maupun bagi pembelajar lain dan terciptalah pembelajaran dua arah.

Full Text:

PDF