PENGARUH TAMPILAN VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KATEGORI WEBSITE E-LEARNING

Andi Aulia Hamzah, Achmad Syarief, Ifa Safira Mustikadara

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk melihat pengaruh tampilan visual website e-learning terhadap motivasi belajar. Tujuannya adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh tampilan visual pada motivasi belajar berdasarkan kategori website e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan metode eksperimen (within-subject). Populasi sampel adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Sampel dipilih dari mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Seni Rupa Universitas Kristen Maranatha dengan menggunakan teknik purposive sampling sebesar 135 orang. Hasil penelitian (1) kategori website e-learning mempunyai pengaruh langsung terhadap tampilan visual website e-learning sebesar 24%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tampilan visual website e-learning terhadap motivasi dengan F (64,826) dan koefisien determinasi (0,416). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tampilan visual website e-learning terhadap motivasi belajar dengan nilai r = 0,579 atau 33,5%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tampilan visual website e-learning mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar tetapi tidak dipengaruhi oleh kategori website e-learning. Walaupun demikian perlu diingat bahwa penelitian ini merupakan komponen yang terkait visual dalam menyelesaikan masalah-masalah pada pengembangan website e-learning.

Full Text:

PDF