Main Article Content
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya yang dijembatani oleh teknologi internet. Konsep e-Learning memberi kemungkinan interaksi yang lebih intensif antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa didalam kelas maupun diluar kelas.Tujuan dari penulisan adalah mengukur tingkat keaktifan mahasiswa sebagai pengguna sistem e-Learning untuk mendukung Kegiatan Belajar Mengajar antara dosen dan mahasiswa.Sistem e-Learning dalam penelitian ini menggunakan sistem Moodle dan pengambilan data menggunakan kuesioner dengan COLLES yang sudah tersedia di modul Moodle. Dari hasil analisa, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cukup aktif dalam kegiatan Belajar Mengajar dengan sistem e-Learning yang meliputi kegiatan download materi, forum diskusi dan pengerjaan kuis atau latihan soal.