IMPLEMENTASI ALGORITMA DIRECTED ACYCLIC WORD GRAPH DALAM PERANCANGAN GAME SCRABBLE

Arie Lasaprima, Agung Toto Wibowo, ZK Abdurahman Baizal

Abstract

Menerapkan Artificial Intelligence (AI) pada komputer yang dapat melakukan proses perhitungan lebih cepat dibanding manusia dapat membuat sebuah permainan menjadi lebih menantang dan tidak membosankan. Salah satu platform yang bagus untuk menguji tekhnik AI pada game yaitu game scrabble.
AI scrabble yang selalu memilih kata dengan nilai tertinggi dari kemungkinan kata yang dapat disusun di setiap giliran akan dengan sangat mudah dikalahkan oleh pemain manusia yang ahli dalam scrabble. Game ini dirancang agar manusia dapat melawan AI yang yang tidak gampang dikalahkan sehingga permainan menjadi lebih menarik dan menantang. Oleh karena itu dirancang strategi permainan sehingga manusia tidak dapat dengan mudah mengalahkan AI system. AI system akan mengevaluasi pemilihan kata yang akan dimainkan pada setiap giliran. Setiap pilihan kata akan mempengaruhi baik papan permainan maupun kemungkinan pilihan kata pada giliran berikutnya. Pada penelitian ini, dalam membentuk kamus data untuk menyimpan semua kata yang valid digunakan algoritma DAWG. Algoritma DAWG dapat memperkecil ruang penyimpanan dan membantu proses mendapatkan kata yang akan dimainkan. Selain itu juga dilakukan analisis dari ketiga strategi permainan yang dibentuk, untuk melihat performansi masing-masing strategi.
Dari hasil implementasi dan pengujian yang dilakukan, strategi permainan scrabble yang memilih kata pada setiap giliran hanya berdasarkan score tertinggi mempunyai persentase kemenangan hanya 40%

Full Text:

PDF