IMPLEMENTASI AMBIENT ELECTROMAGNETIC HARVESTING PADA FREKUENSI TV BROADCASTING UNTUK MENGHASILKAN ENERGI LISTRIK MELALUI TRANSFER DAYA TANPA KABEL

Oxy Riza P, A. Bhakti S, Desi Natalia, Achmad Ansori

Abstract

Radiasi gelombang elektromagnetik merupakan suatu hal yang sangat penting dan telah lama menjadi penelitian para ahli telekomunikasi.. Akan tetapi di alam ini terdapat banyak sekali sumber elektromagnetik bebas yang belum dipergunakan untuk kepentingan lebih lanjut.
Pada paper ini dirancang suatu sistem yang bernama ambient electromagnetic harvesting. Sistem ini bertujuan untuk menangkap sumber elektromagnetik bebas yang ada di alam (gelombang UHF dari pemancar TV) untuk kemudian diolah dan dijadikan sumber energi alternatif. Perangkat yang dibutuhkan dalam sistem ini antara lain adalah antena penerima dan power harvester. Antena penerima yang dibuat adalah log periodic dipole array, berfungsi untuk menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi sinyal listrik AC. Sedang power harvester berfungsi untuk merubah sinyal listrik AC dari antena menjadi DC sekaligus menguatkannya. Untuk lokasi dekat sumber pemancar TV (SCTV) didapatkan tegangan maksimal 1766 mV. Sedang jika dilakukan pengukuran di alam bebas (lab b.301) tegangan maksimal yang dihasilkan adalah 591 mV. Dari berbagai percobaan didapatkan bahwa semakin dekat dengan sumber pemancar dan semakin stabil kondisi perangkat, semakin besar juga tegangan yang dihasilkan. Dengan arus yang dihasilkan berkisar antara 0.05 mA diharapkan sistem ini mampu mencatu baterai dengan spesifikasi 600 mAh, 1.2 V selama 4 jam.

Full Text:

PDF