Main Article Content

Abstract

Perguruan tinggi swasta adalah salah satu perguruan tinggi alternatif untuk menghadapi peningkatan permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pendidikan dewasa ini. Perguruan tinggi harus berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja agar dapat menjamin kelangsungan aktivitasnya. Sebuah pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan mahasiswa. Pengukuran kepuasan mahasiswa merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Kepuasan mahasiswa merupakan prasyarat dalam menjaga loyalitas mahasiswa. Kemunculan Popularitas teknologi Web dan aplikasinya telah membuat peluang yang luas untuk organisasi, termasuk lembaga pendidikan tinggi, untuk melebarkan pelanggan lebih luas dan membuat hubungan jaringan yang lebih lebar. Penelitian ini dilakukan melalui survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel secara langsung dari populasi, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Penelitian dilakukan disalah satu perguruan tinggi swasta di kopertis wilayah III, yang masuk 100 besar peringkat webometric nasional. Usia responden dikelompokkan menjadi enam bagian. Berdasarkan pengelompokan tersebut, mahasiswa pada usia 18 dan 19 tahun mendominasi pada penelitian ini. didapat hasil sebesar 22% dan 25%. Kelompok responden yang berada pada posisi tengah adalah mahaiswa yang berusia 20, 21 dan 22 tahun yang besaranya adalah 18%, 13% dan 14%. Sedangkan kelompok usia responden yang paling sedikit dalam penelitian ini adalah kelompok usia 23 tahun yaitu sebesar 8%. Pemodelan dilakukan dengan alat bantu program SEM (Structural Equation Model). Hasil analisis pada pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas X merasa puas dan menjadi loyal dengan kualitas website yang terdapat pada kampus mereka.

Kata kunci—Kepuasan; loyalitas; kopertis; webometric; website

Article Details