Main Article Content
Abstract
Penelitian yang dilakukan membahas mengenai implementasi algoritma Dynamic Programming untuk permasalahan Multiple Constraints Knapsack Problem (MCKP). MCKP merupakan permasalahan optimasi yang kompleks dalam hal pengalokasian sumber daya yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam kasus pemilihan media promosi. Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dalam memilih media promosi perlu mengoptimasikan sumber daya yang ada untuk memilih media promosi dengan perolehan audiens yang paling banyak.Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis Java untuk melakukan optimasi sumber daya dalam pemilihan media promosi bagi UMN. Hasil uji coba menyatakan bahwa penggunaan algoritma Dynamic Programming untuk mendapatkan solusi optimal atas permasalahan MCKP dapat diimplementasikan pada optimasi pemilihan media promosi. Aplikasi ini mempermudah pengguna dalam memilih media promosi yang akan digunakan, karena media promosi yang optimal dapat ditentukan dalam waktu yang lebih singkat sekaligus lebih akurat dibandingkan dengan optimasi secara manual.
Kata kunci—Knapsack Problem; Multiple Constraints Knapsack Problem (MCKP); Dynamic Programming; optimasi; pemilihan media promosi
Kata kunci—Knapsack Problem; Multiple Constraints Knapsack Problem (MCKP); Dynamic Programming; optimasi; pemilihan media promosi