Main Article Content
Abstract
PT. Jasa Angkasa Semesta merupakan perusahaan di bidang jasa dengan bisnis utama di bidang ground handling, selain itu juga mempunyai produk yang antara lain : Ground Services, Cargo Services, Lounge dan Airport Special Assistance. Airport Special Assistance atau disingkat ASA yaitu merupakan layanan yang menawarkan bantuan bandara kelas premium. Penumpang bisa memperoleh kenyamanan dengan layanan terpadu ASA seperti asisten pribadi, porter, mobil mewah, in-ride entertainment, lounge dan bantuan imigrasi. Dalam hal reservasi dapat melaui e-mail dengan mengirimkan data-data seperti nama lengkap, nomor dan jam penerbangan dan scan paspor. Dan untuk pencataan data operational dilakukan secara manual menggunakan Ms.Excel. Sistem Customer Relationship Management ASA ini adalah sistem yang dapat menyampaikan informasi-informasi yang up to date baik kepada member maupun non member. Sistem ini diharapkan mampu memberikan informasi keakuratan jumlah invoice yang harus dibayarkan member, selain itu member yang merasa puas atas pelayanan yang diterima dapat memberikan saran kepada teman, saudara, maupun kolega dengan menggunakan fitur suggest friend. Jika member merasa tidak atau kurang puas atas pelayanan yang diterima maka dapat mengirimkan saran atau keluhan melalui fitur complain pada sistem CRM ini. Sistem CRM ini juga memberikan kemudahan kepada member agar dapat melakukan validasi pembayaran bagi yang telah melakukan pembayaran. Dalam hal pembuatan sistem CRM ini menggunakan metode pengembangan sistem berorientasi objek dengan metode pengembangan RAD. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi telah berjalan sesuai tujuan pembuatannya.