Main Article Content
Abstract
Paper ini membahas tahapan pengembangan model digital dashboard (DD) sebagai tools enterprise performance management (EPM). Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model DD dikembangkan untuk mempermudah pengaksesan informasi strategis, melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pengukuran kinerja enterprise. Penelitian juga bermaksud untuk mengidenfikasi apakah komponen critical suscess factor (CSFs), business process (BP), business activity monitoring (BAM), key performance indicator (KPI), mapping BAM ke dalam KPI telah dilakukan dalam pengembangan digital dashboard. Penelitian dilakukan dengan cara mengidenfikasi tahapan membangun EPM-DD, bentuk EPM-DD, komponen EPM-DD, cakupan EPM-DD, membuat tabel komparasi, dan menganalisanya. Hasil penelitian menyatakan bahwa tahapan pengembangan digital dashboard tediri dari: menentukan metodologi, mendefinisikan data layer, presentation layer, visualization layer, menentukan komponen, dan cakupan data dan user. Diketahui pula bahwa komponen BP, BAM, KPI telah diperhatikan pada beberapa pengembangan. Sementara komponen CSFs sama sekali belum menjadi perhatikan. Telah dibuat pula sebuah rekomendasi tahapan pengembangan digital dashboard sebagai tools EPM yang memiliki 6 tahapan.