Main Article Content

Abstract

Perkuliahan yang diorganisasi dengan berpijak pada karakteristik isi perkuliahan dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satunya adalah dengan model elaborasi. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pemanfaatan ICT dan akses sumber belajar serta berpikir kritis terhadap hasil belajar? Jika ada, model yang manakah penentu/determinan diantara ketiga faktor tersebut? Langkah pengembangan model mulai dari studi pendahuluan; Perencanaan dan pengembangan model dan validasi model melalui pengukuran pemanfaatan ICT sebagai media dan akses sumber belajar, berpikir kritis serta hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pengorganisasian isi perkuliahan dengan model elaborasi terbukti efektif; dalam arti dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa; pemanfaatan ICT sebagai media dan akses sumber belajar serta berpikir kritis berpengaruh (40,20%) terhadap hasil belajar mahasiswa. Ditemukan ada 2 model determinan berpengaruhnya 1) pemanfaatan ICT untuk akses sumber belajar terhadap hasil belajar, dan 2) pemanfaatan ICT untuk akses sumber belajar dan berpikir kritis terhadap hasil belajar.

Article Details