Main Article Content
Abstract
Augmented reality, merupakan suatu teknik
di mana input dari dunia nyata misalkan seperti sensor
suara, gambar, atau data GPS dapat ditangkap oleh
sensor input komputer baik secara langung maupun tidak
langsung dan kemudian ditampilkan pada tampilan
output melalui suatu program secara dua dimensi atau
tiga dimensi. Augmented Reality, pada umumnya
menggunakan suatu marker (penanda) tertentu sebagai
titik yang akan digunakan program untuk menampilkan
sesuatu pada monitor. Marker yang digunakan pada
penelitian ini berupa gambar dan objek dengan
penggunaan warna yang kontras dengan background
input. Video Game, Game interaktif, atau Game
merupakan aplikasi multimedia yang melibatkan interaksi
manusia dengan suatu user interface untuk menciptakan
suatu kejadian dalam alur cerita yang memiliki tujuan
dan akhir penyelesaian. Di Indonesia, banyak terdapat
anak-anak berkebutuhan khusus yang perlu diperhatikan
perkembangannya melalui terapi dan berbagai macam
aktifitas lainnya. Salah satu terapi yang bisa
diimplementasikan adalah dengan membuat suatu
permainan interaktif yang melibatkan komputer yang
bertujuan untuk dapat mengasah otak anak untuk
berpikir dan berinteraksi dengan bergerak dan bereaksi
mengikuti instruksi instruksi yang diberikan. Penelitian
ini diimplementasikan menggunakan adobe flash dengan
action script 3.0, dengan pembuatan skenario game yang
mengarah pada terapi applied behaviour analysis, terapi
okupasi, terapi permainan, dan terapi audio visual. Hasil
yang diperoleh adalah suatu game yang dapat menarik
perhatian anak kebutuhan khusus untuk melakukan
terapi sambil bermain yang dapat dimainkan dengan
tingkat kesulitan yang bertahap.
di mana input dari dunia nyata misalkan seperti sensor
suara, gambar, atau data GPS dapat ditangkap oleh
sensor input komputer baik secara langung maupun tidak
langsung dan kemudian ditampilkan pada tampilan
output melalui suatu program secara dua dimensi atau
tiga dimensi. Augmented Reality, pada umumnya
menggunakan suatu marker (penanda) tertentu sebagai
titik yang akan digunakan program untuk menampilkan
sesuatu pada monitor. Marker yang digunakan pada
penelitian ini berupa gambar dan objek dengan
penggunaan warna yang kontras dengan background
input. Video Game, Game interaktif, atau Game
merupakan aplikasi multimedia yang melibatkan interaksi
manusia dengan suatu user interface untuk menciptakan
suatu kejadian dalam alur cerita yang memiliki tujuan
dan akhir penyelesaian. Di Indonesia, banyak terdapat
anak-anak berkebutuhan khusus yang perlu diperhatikan
perkembangannya melalui terapi dan berbagai macam
aktifitas lainnya. Salah satu terapi yang bisa
diimplementasikan adalah dengan membuat suatu
permainan interaktif yang melibatkan komputer yang
bertujuan untuk dapat mengasah otak anak untuk
berpikir dan berinteraksi dengan bergerak dan bereaksi
mengikuti instruksi instruksi yang diberikan. Penelitian
ini diimplementasikan menggunakan adobe flash dengan
action script 3.0, dengan pembuatan skenario game yang
mengarah pada terapi applied behaviour analysis, terapi
okupasi, terapi permainan, dan terapi audio visual. Hasil
yang diperoleh adalah suatu game yang dapat menarik
perhatian anak kebutuhan khusus untuk melakukan
terapi sambil bermain yang dapat dimainkan dengan
tingkat kesulitan yang bertahap.