Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
merancang dan mengembangkan Augmented Reality Book
Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Ulun Danu Batur. Model
penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi
Augmented Reality Book pengenalan tata letak Pura Ulun Danu
Batur adalah menggunakan model waterfall. Aplikasi ini
menggunakan library vuforia yang mampu menampilkan objek 3
dimensi bangunan pura ke dalam sebuah lingkungan nyata
dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone android.
Hasil akhirnya berupa buku yang berisikan informasi dan
gambar terkait Pura Ulun Danu Batur yang difungsikan sebagai
penanda dan juga aplikasi Augmented Reality Book berbasis
android yang mampu menampilkan objek bangunan Pura Ulun
Danu Batur dalam bentuk 3 dimensi tepat di atas marker lengkap
dengan suara narasi penjelasan. Aplikasi ini dapat dijadikan
sebagai media untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan
budaya bangsa terutama di daerah bBali.
merancang dan mengembangkan Augmented Reality Book
Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Ulun Danu Batur. Model
penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi
Augmented Reality Book pengenalan tata letak Pura Ulun Danu
Batur adalah menggunakan model waterfall. Aplikasi ini
menggunakan library vuforia yang mampu menampilkan objek 3
dimensi bangunan pura ke dalam sebuah lingkungan nyata
dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone android.
Hasil akhirnya berupa buku yang berisikan informasi dan
gambar terkait Pura Ulun Danu Batur yang difungsikan sebagai
penanda dan juga aplikasi Augmented Reality Book berbasis
android yang mampu menampilkan objek bangunan Pura Ulun
Danu Batur dalam bentuk 3 dimensi tepat di atas marker lengkap
dengan suara narasi penjelasan. Aplikasi ini dapat dijadikan
sebagai media untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan
budaya bangsa terutama di daerah bBali.