Main Article Content
Abstract
Pengenalan kosakata dalam bahasa Inggris
merupakan salah bagian terpenting dalam pembelajaran bahasa
Inggris untuk anak usia dini. Evaluasi pengajaran bahasa Inggris
di TK Ananda Kota Batam menunjukkan bahwa perlu
ditambahkan cara interaktif berbasis komputer dalam
pengajaran bahasa asing. Game Home Sweet Home
dikembangkan dengan tujuan agar anak usia dini di TK Ananda
Kota Batam lebih termotivasi belajar bahasa inggris dengan
suasana yang nyaman dan menyenangkan. Game tersebut
dikembangkan menggunakan Adobe Flash 5.0, dengan bahasa
action script 3.0. Proses pengembangan game berdasarkan
dokumen diagram Unified Modelling Language (UML) dan
dokumen pengembangan konten multimedia yaitu scriptwriting
dan storyboard. Penggunaan scriptwriting dan storyboard karena
game selain merupakan perangkat lunak juga memiliki aspek
multimedia yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis
perangkat lunak yang lain. Dengan menggunakan objek-objek
permainan berupa benda-benda di dalam rumah, Hasil
pengujian pada seluruh siswa TK Ananda Kota Batam
menunjukkan game disetujui untuk digunakan. Aspek yang
dinilai adalah visual, kemudahan dan intelektualitas.
merupakan salah bagian terpenting dalam pembelajaran bahasa
Inggris untuk anak usia dini. Evaluasi pengajaran bahasa Inggris
di TK Ananda Kota Batam menunjukkan bahwa perlu
ditambahkan cara interaktif berbasis komputer dalam
pengajaran bahasa asing. Game Home Sweet Home
dikembangkan dengan tujuan agar anak usia dini di TK Ananda
Kota Batam lebih termotivasi belajar bahasa inggris dengan
suasana yang nyaman dan menyenangkan. Game tersebut
dikembangkan menggunakan Adobe Flash 5.0, dengan bahasa
action script 3.0. Proses pengembangan game berdasarkan
dokumen diagram Unified Modelling Language (UML) dan
dokumen pengembangan konten multimedia yaitu scriptwriting
dan storyboard. Penggunaan scriptwriting dan storyboard karena
game selain merupakan perangkat lunak juga memiliki aspek
multimedia yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis
perangkat lunak yang lain. Dengan menggunakan objek-objek
permainan berupa benda-benda di dalam rumah, Hasil
pengujian pada seluruh siswa TK Ananda Kota Batam
menunjukkan game disetujui untuk digunakan. Aspek yang
dinilai adalah visual, kemudahan dan intelektualitas.