Main Article Content
Abstract
Abstrak—Market Basket Analysis merupakan salah satu tipe
analisis data yang paling sering digunakan dalam dunia
pemasaran, dimana teknik ini digunakan untuk menganalisis isi
keranjang belanja guna mendapatkan informasi produk apa saja
yang paling sering dibeli sekaligus oleh para konsumen. Hasil dari
analisis dapat digunakan sebagai strategi dalam menjalankan
bisnis, seperti rekomendasi tata letak barang dan menjaga
ketersediaan stok produk yang berelasi agar berimbang. Salah satu
metode data mining yang bisa digunakan untuk menggali
informasi tersebut yaitu Generalized Sequential Pattern (GSP).
Hasil dari penggalian ini adalah informasi tentang produk-produk
yang sering dibeli secara bersamaan (Association Rules) dan
produk-produk yang sering dibeli secara berurutan oleh pembeli
(Sequential Pattern Rules). Dengan algoritma GSP, kedua macam
infomasi tersebut akan didapat secara bersamaan dalam sekali
proses. Dari pengujian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa
penelitian ini berhasil menggali informasi yang diinginkan.
Informasi yang didapatkan berupa rules yang telah ditentukan
terlebih dahulu minimum support-nya.
Keywords—Market Basket Analysis, Generalized Sequential
Pattern, Tata Letak Barang