Main Article Content
Abstract
Abstrak - Paper ini membahas mengenai summative test yang
dilakukan terhadap aplikasi permainan edukasi Jumping Jack.
Aplikasi permainan yang dibangun ditujukan bagi anak
prasekolah berusia 4 sampai 6 tahun. Uji summatif merupakan
uji usabilitas yang dilakukan pada pertengahan siklus
pengembangan aplikasi. Evaluasi ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat usabilitas dari aplikasi. Proses uji summatif
dilakukan sebanyak dua kali dengan jumlah responden 10 anak
yang berusia 4 sampai 6 tahun. Secara keseluruhan hasil uji
usabilitas sistem adalah baik dengan karakteristik kemampuan
pembelajaran anak yang cukup baik, throughput sistem yang
sesuai dengan kemampuan konsentrasi pada anak, materi sudah
sesuai dengan kemampuan anak, dan tingkat kepuasan anak
terhadap aplikasi yang baik.
Kata Kunci — Aplikasi Permainan Anak, Permainan Edukasi,
Usability Test, Summative Test, Child Centered Design