Main Article Content

Abstract

Sebuah layanan web hosting pada dasarnya adalah sebuah server yang di dalamnya telah disiapkan berbagai macam aplikasi pendukung. Untuk mengatur segala konfigurasi dan pengendalian pada situs yang berada pada sebuah layanan web hosting, digunakan  sebuah tool terintegrasi yang disebut Web Hosting Control Panel, salah satu diantaranya adalah JCPanel. 

Mail Server adalah bagian dari Web Hosting Control Panel yang bertugas mengatur pengiriman dan penerimaan e-mail. Mail Server pada JCPanel berjalan pada sistem operasi FreeBSD, menggunakan qmail sebagai aplikasi utamanya dengan dukungan aplikasi-aplikasi open source lainnya, serta dirancang khusus untuk dapat memenuhi kebutuhan penyedia layanan web hosting serta para end user yang menjadi pelanggannya. 

Mail Server pada JCPanel juga memberikan fitur automasi instalasi dan konfigurasi yang membuatnya menjadi sangat mudah untuk diimplementasikan oleh siapa saja. Namun demikian, sistem Mail Server pada JCPanel ini masih berada pada tahap awal sehingga sangat terbuka untuk pengembangan lebih jauh, terutama pada beberapa aspek yang belum dibahas secara mendalam seperti pada masalah keamanan.

Katakunci : Web Hosting Control Panel, JCPanel, Mail Server, qmail, FreeBSD, Open Source

Article Details