Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Efektifitas Sistem Informasi Penjualan
dengan Kinerja User .
Metode penelitian menggunakan metode survei teknik korelasional. Data dijaring dengan menggunakan
kuesioner yang sebelumnya dikalibrasi untuk menguji validitas butir (Product Moment) dan reliabilitas
instrumen (Alpha Cronbach). Populasi yang digunakan adalah pemakai sistem informasi, karyawan bagian
penjualan. Jumlah sampel sebanyak 36 orang yang dihitung dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael
dari populasi 41 orang, dengan Probability Sampling yaitu Simple Random Sampling, dimana penentuan jumlah
sampel didapat. Metode analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana dan korelasi sederhana
dimana sebelum melakukan analisis perlu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan
homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan koefisen korelasi sebesar 0.542 yang berarti terdapat hubungan yang positif pada
tingkat sedang antara Efektifitas Sistem Informasi Penjualan dengan Kinerja User. Koefisien determinasi 0.294
atau 29.4%. Hal ini berarti 29.4% dari variasi Kinerja User dapat dijelaskan oleh variabel Efektifitas Sistem
Informasi Penjualan. Sementara sisanya, yaitu sebesar 70.6% terdiri dari faktor (variabel) lain, seperti Gaya
Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Gaji dan lain-lain.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat korelasi (hubungan) yang positif pada tingkat sedang serta
signifikan antara Efektifitas Sistem Informasi Penjualan dengan Kinerja User, yang artinya semakin tinggi
tingkat Efektifitas Sistem Informasi Penjualan maka semakin tinggi pula tingkat Kinerja User.

Keywords: Efektifitas Sistem Informasi Penjualan, Kinerja User.

Article Details