Main Article Content

Abstract

Abstract— CV. Perceka adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan dan menyediakan perlengkapan hotel dan juga restoran. Bertambahnya kompetitor bisnis membuat pelanggan memiliki lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan dengan berkembangnya teknologi informasi, pelanggan menjadi lebih mudah untuk mencari, mengakses dan mengontak pilihan tersebut. Penerapan fitur-fitur e-CRM pada website dapat digunakan sebagai kanal untuk berinteraksi dengan pelanggan, serta memberikan informasi dan layanan yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Hal-hal tersebut belum dimanfaatkan oleh CV. Perceka dari website yang mereka miliki. Penerapan e-CRM juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data pelanggan secara digital yang lebih mudah untuk dikelola, sehingga dapat membantu perusahaan menyiapkan profil pelanggan dan informasi pendukung lainnya yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan baru, dan juga meningkatkan serta menjadi solusi CV. Perceka untuk memelihara hubungan baik dengan pelanggannya. Dalam penelitian ini dibangun aplikasi e-CRM dengan menggunakan metode iterative incremental. Dibangun fitur-fitur untuk menarik pelanggan, dan meningkatkan serta memelihara hubungan dengan pelanggan seperti online customer support dan complaint handling, halaman FAQs, fitur untuk mengelola program promosi, serta fitur yang dapat memberikan informasi melalui email secara otomatis kepada pelanggan.

Article Details