Main Article Content
Abstract
Salah satu komoditas pariwisata yang sedang berkembang cukup pesat saat ini adalah wisata berwawasan lingkungan yang biasa disebut dengan ekowisata. Sebagian besar pengelola ekowisata sudah menggunakan media informasi digital untuk memudahkan promosi dan tata kelola. Namun muncul permasalahan dalam penggunaan media ini, yaitu masalah konsistensi untuk dapat mengisi konten. Jadi media informasi yang ada tidak berfungsi maksimal karena tidak memiliki konten yang aktual. Pendekatan gamifikasi dapat dijadikan solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Gamifikasi adalah suatu pendekatan penerapan komponen dan mekanisme game/permainan dalam sistem yang tidak berbasis permainan. Integrasi media informasi dengan media sosial menggunakan pendekatan gamifikasi dapat meningkatkan partisipasi wisatawan untuk mengisi konten media informasi pengelola ekowisata. Mekanisme game yang digunakan adalah mekanisme tantangan untuk dapat menghasilkan foto tertentu. Komponen game yang digunakan adalah reward untuk meningkatkan motivasi wisatawan untuk dapat berpartisipasi. Integrasi ini akan menghasilkan foto-foto yang valid dan aktual. Data foto-foto ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan konten media informasi yang ada. Selain itu, data-data yang terkumpul dari hasil integrasi ini dapat digunakan untuk keperluan lain seperti penentuan strategi pemasaran atau peningkatan layanan ekowisata.