Main Article Content

Abstract

Hampir setiap guru menginginkan anak muridnya menjadi orang yang berhasil. Namun apabila anak
muridnya mengalami kesulitan belajar dan sang guru tidak mengetahuinya, maka hal tersebut dirasa sulit untuk
dicapai. Hal ini disebabkan karena anak tidak mendapatkan metode pengajaran yang selayaknya didapatkan
oleh anak yang mengalami kesulitan belajar. Dalam membantu mengatasi hal tersebut, salah satu caranya
adalah dengan pembuatan aplikasi sistem pakar.
Aplikasi sistem pakar ini meniru cara berpikir seorang ahli psikolog anak dalam menganalisa suatu
kasus dan mencari kesimpulan atau keputusan. Program aplikasi ini akan menganalisa kemampuan yang
diperkirakan seharusnya dimiliki oleh anak pada usia yang tertentu. Kesulitan belajar ini mencakup dua bidang
yaitu bidang aritmatika dan matematika serta bidang penulisan. Pengembangan sistem pakar ini menggunakan
metode inferensi forward chaining, yaitu proses inferensi yang memulai pencarian dari premis menuju pada
konklusi, dengan menggunakan pemrograman Borland Delphi 7, dan untuk database-nya menggunakan
Microsoft Access 2000.
Berdasarkan hasil kuisioner disimpulkan prosentase kelayakan program untuk digunakan oleh guru
adalah sebesar 80%, prosentase keakuratan program adalah sebesar 70%, Prosentase kemudahan penggunaan
program adalah sebesar 90%, dan prosentase desain tampilan dari sistem pakar adalah sebesar 80%.

Keywords: Forward chaining, Kesulitan dalam aritmatika dan matematika, Kesulitan dalam penulisan.

Article Details