Peningkatan Kemampuan Penalaran Logis Siswa dengan Menggunakan Media Interaktif di SMP Negeri 255 Jakarta

Tumeri Tumeri, Togar H Pangaribuan

Abstract

Dunia pendidikan saat ini sarat dengan perkembangan teknologi dan informasi dan berwawasan global,
sehingga para pendidik terus berupaya untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan materi
bahan ajar serta mencari metode yang sesuai dengan mata pelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan
kompetensi pendidikan diperlukan pengembangan bahan ajar salah satunya adalah interaktif berbasis
komputer. Sebagai langkah awal menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan metode ceramah
sumber buku pelajaran, setelah materi disampaikan mengadakan test pertama. Langkah berikutnya
menyampaikan materi bahan ajar yang lainnya, tetapi dalam penyampaian materi, selain menggunakan buku
pelajaran, disini dilengkapi dengan software interaktif dengan menggunakan komputer kemudian mengadakan
test yang ke dua berikutnya menganalisa dari dua nilai tersebut, untuk mengetahui penalaran logis siswa
mengadakan angket dengan menjawab pertanyaan, langkah berikutnya mengolah data. Dalam pengembangan
bahan ajar interaktif berbasis komputer, apakah metode pengajaran cukup efektif dan dapat mengembangkan
penalaran logis siswa?, apakah dapat meningkatkan prestasi belajarnya?, sehingga dalam pengembangan
ilmu pengetahuan baik dari pendidik maupun peserta didik dapat belajar dengan efektif dan efisien.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Interaktif dan Penalaran Logis

Full Text:

PDF