Implementasi Fitur Perekomendasian Bahan Ajar Berdasarkan Prior Knowledge pada Student Centered E-Learning Environment

Harry B. Santoso, Tunggul Fardiaz, Zainal A. Hasibuan

Abstract

Dalam proses pembelajaran seringkali diasumsikan bahwa pembelajar memiliki prior knowledge yang sama.
Padahal dalam realitasnya tidaklah selalu demikian. Di sinilah urgensi fasilitas perekomendasian bahan ajar
(learning object recommender) untuk meningkatkan kualitas interaksi dalam hal ini kegiatan diskusi dalam
mengkonstruksi pengetahuan baru dengan mekanisme pengayaan prior knowledge pembelajar. Tulisan ini
bertujuan untuk memperkenalkan sistem yang akan memberikan rekomendasi bahan ajar berdasarkan
informasi tentang prior knowledge pembelajar. Pengembangan fitur perekomendasian bahan ajar yang
dielaborasi dalam tulisan ini adalah pengembangan fitur perekomendasian dengan pemilihan bahan ajar
secara statis (pre-defined) di atas Student Centered E-Learning Environment (SCELE). SCELE sendiri
merupakan learning management system berbasis sistem open source, yaitu Moodle dan telah dimodifkasi
sesuai kebutuhan. Dengan memanfaatkan fitur ini, mahasiswa mendapatkan bahan ajar sesuai dengan prior
knowledge yang dimiliki, seperti level dasar (basic), menengah (medium), dan tinggi (advance).

Kata Kunci: Perekomendasian bahan ajar, SCELE, prior knowledge

Full Text:

PDF