Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pembelajaran berbasis web, dan memeriksa bagaimana sistem
pembelajaran berbasis web mempengaruhi capaian belajar. One-way univariate analyses of covariance
(ANCOVA) pada tingkat signifikansi 0,05 dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh perlakuan pada sesi
listening comprehension, structure and written expression, dan reading comprehension. Uji efektivitas
penelitian ini merupakan studi quasi-experimental untuk menginvestigasi pengaruh fasilitas sistem
pembelajaran berbasis web pada performa mahasiswa dalam sesi-sesi TOEFL; listening, structure and written
expression, dan reading. Delapan uji ANCOVA telah dilakukan untuk menguji delapan hipotesis nihil dan
delapan hipotesis alternatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan sistem pembelajaran
berbasis web memperkaya kemampuan mahasiswa dalam TOEFL. Penelitian ini juga membuktikan bahwa
pembelajaran berbasis web dapat menggantikan peran pembelajaran konvensional kelas. Namun, di sisi lain,
sistem pembelajaran ini dinilai gagal meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam sesi reading comprehension.

Kata Kunci: : eLearning, TOEFL, analysis of covariance, efektivitas

Article Details